September 26, 2019

Pertolongan Pertama Tertusuk Benda Berkarat

Nyambung tulisan beberapa hari yll tentang benda asing yang menancap ada yang bertanya tentang bagaimana kalau bendanya itu berkarat? Apakah tidak bakal bikin infeksi?

Nah begini ceritanya…yang musti dipahami pertama adalah karat tidak bersifat infeksius. Umumnya orang takut benda berkarat bisa menyebabkan tetanus. Ya kaaan? Karat nggak ada hubungannya dengan tetanus karena penyebab tetanus adalah bakteri Clostridium tetani. Keistimewaan bakteri ini bersifat anaerob, dia berkembang biak ditempat yang kurang oksigen, itu artinya bakteri ini akan berkembang biak didalam luka yang dalam, luka yang oksigen sulit masuk. Jenis luka yang dalam umumnya adalah luka tusuk. Bisa karena tertusuk paku, kawat, kaca, pisau atau benda-benda lain yang panjang dan tajam. Bendanya tidak harus karatan untuk bisa bikin tetanus. Bakteri Clostridium tetani ini hidup di tanah, debu dan kotoran binatang yang bisa mencemari benda-benda berkarat atau tidak berkarat.

Kembali ke penanganan luka tusuk dengan benda yang masih menancap, prioritas pertolongan pertamanya adalah menyelamatkan jiwa korban dengan mempertahankan bendanya supaya tidak terjadi perdarahan hebat yang bisa menyebabkan kematian. Infeksi prosesnya tidak segera, tugas dokter di rumah sakit untuk mencegah terjadinya infeksi, jadi jangan mempertaruhkan nyawa seseorang dengan mencabut benda asing yang menancap dengan tujuan mencegah infeksi.

Dokter nanti yang akan memutuskan apakah seorang pasien membutuhkan suntikan anti tetanus atau tidak berdasarkan jenis lukanya. Semoga sampai disini bisa dipahami. Jadi nggak perlu takut nyenggol mobil yang karatan..😄

 

 

Oleh : dr. Lelitasari, MKK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami Melalui WhatsApp