fbpx
March 23, 2020

Benarkah COVID-19 juga menular melalui udara atau airborne?

Beberapa hari terakhir muncul pertanyaan dari teman-teman apa benar COVID-19 saat ini menular hanya melalui droplet dan fomite tetapi juga udara / airborne?

Jadi begini, penularan melalui udara ini hanya terjadi di rumah sakit saat tindakan medis tertentu. Contohnya adalah saat tindakan intubasi (seperti di foto). Saat tindakan intubasi bisa dihasilkan aerosol (percikan cairan saluran napas dalam ukuran sangat halus) yang akan bertahan beberapa lama di udara.

Nah, si virus ini numpang di aerosol tersebut sehingga bisa beterbangan di udara. Virus tidak bisa terbang sendiri, dia butuh media untuk ditumpangi. Itulah mengapa petugas medis di rumah sakit berisiko SANGAT TINGGI untuk tertular. Itulah mengapa prioritas masker medis dan N95 saat ini adalah untuk di rumah sakit untuk melindungi petugas kesehatan.

Jadi teman-teman, pada masyarakat umum penularan adalah melalui droplet dan fomite (menempel pada benda). Pencegahan tetap rajin cuci tangan, jangan pegang wajah, rajin ngelap permukaan benda2 yang digunakan banyak orang, tinggal di rumah, jaga jarak jika bertemu orang.

Stay safe!

#dirumahaja #jagajarak #safetyfirst

Oleh : dr.Lelitasari, MKK.

Silahkan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami Melalui WhatsApp